Revie buat new cibi (CBR150R)


SPEK:
Panjang X lebar X tinggi : 1,977 x 701 x 1,130 mm
Jarak Sumbu Roda : 1310 mm < lebih panjang dari oldcibi150
Jarak terendah ke tanah : 190 mm
Berat kosong : 138 kg < lebih berat dari oldcibi150
Tipe rangka : Twin Tube Diamond
Tipe suspensi depan : Telescopic
Tipe suspensi belakang : Suspensi Tunggal (Monoshock)
Ukuran ban depan : 100/80 - 17M/C 52P (Tubeless)
Ukuran rims depan: 2,5"
Profil maksimal ban depan: 120/60 or /70
Ukuran ban belakang : 130/70 - 17M/C 62P (Tubeless)
Lebar rims belakang: 3,5"
Profil maksimal ban belakang: 150/60 or 150/70 or 160/?
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 13.1 liter
Tipe mesin : CS150RE, Liquid-Cooled, 4-Stroke, DOHC, Single Cylinder < mesin sama kaya oldcibi150
Diameter x langkah : 63.5 x 47.2 (over bore)
Volume langkah : 149.4cc
Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1 < jangan isi premium, minimal RON91, dibuku manual minimal RON88 itu agak hoax2 gmana gtu
Daya Maksimum : 13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik < g ada filter oli, kalo servis besar or bongkar mesin minta 1,3 liter
Kopling Otomatis : Manual, Wet Multiplate with Coil Springs
Gigi Transmsi : 6 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
Starter : Elektrik Starter
Aki : ?
Busi : U24 or U27 klo buat kentjang
Sistem Pengapian : Full Transisterized


point2 penting:

- harga OTR jakarta 33jeti, repsol 34jeti (IMHO kemahalan, harusnya 30jt ajah)
- garansi mesin 3 tahun, rangka + kelistrikan 1 thn
- keberadaan spareparts di AHASS g mnjamin, banyak yg harus inden
- berat motor 138kg tapi power on wheel g lebih dari 17hp
- Tachometer analog + Speedometer digital + odo / trip meter + clock + temperatur bar + fuel bar, tapi minus petunjuk patokan gear, misalnya top gear (gigi6) g ada
- mesinnya responsif bahkan lebih responsif dibandingin ninin250 karbu
- top speed sama kaya nyang lama
- Mau modif2 harga spareparts aftermarketnya bikin
- JANGAN di isi premium
- saran ane jgn maen ganti snalpot tanpa dynotest
- handlingnya sip, tapi menurut ane sih distribusi berat lebih banyak di bagian depan
- tinggi jok terlalu ketinggian, ninin250 aja lebih rendah joknya 

ok ane mulai review impression pada new cebeer 150:

Penampilan dan Fungsionalitas:
- Motor ini tampil lebih fresh dari old cbr 150 (yg udah diskontinyu) dengan body plan yang sama dengan cbr 250, generasi Honda VFR1200, dengan desain headlamp jadi satu dan multi layer fairing
- Pelek depan belakang baru + ban dengan lebar 100 dan 130 membuat penampilan makin "moge"
- disediakan bagasi mini pada jok boncenger, bisa muat Tool kit dan jas hujan loh (motor ane malah isinya Ballast + toolkit + jas hujan)
- Jok bertingkat baru yang cukup ergonomis tapi keras
- Lampu depan spek 55/60 watt, terang bangeet, kalo kurang terang, di retrofit aja ma HID 
- g ada fitur engine cut off + beam switch (buat ngedim kaya di tiger yg dioperasiin pake telunjuk jari kiri) tapi bisa pake saklar punya rxking
- Fitur AHO g guna
- Adanya rear hugger (behel belakang) berfungsi besar buat parkir, biar bisa geser2 pantat (ninin250 kalah dlm urusan parkir)


Riding Position:
- Dengan tinggi cuma 167cm, kaki ane dua2nya bisa nyampe tapi jinjit, g terlalu jinjit kok, cuma jok lebih tinggi dari ninin250 n CBR250
- Posisi foot peg untuk rider udah kerasa kesan sport, klo situ mau pake buat miring2 di aspal, bisa kok, tanpa pakai footpeg (uderbone) racing, cuma lebih rekomended pake footpeg racing aja klo mau dibuat balap
- Posisi foot peg buat boncenger (khususnya cewek) dirasa agak tinggi dan menyusahkan klo tinggi boncenger <160cm, klo hujan, ban belakang bakal nyipratin air kotor ke kaki
- Posisi setang udah manteb buat harian, ane g kerasa terlalu nunduk kok pas nyemplak ni motor, kalo mau nunduk2 (tucking) juga bisa setengah kepala bakal ketutupan windshield

Performa Mesin:
- High Revving Engine type
- Mesin dengan tenaga sekitaran 17hp (on wheel cuma 16,8) saya rasa g bakal memuaskan hasrat speed lover. jangan berharap akselerasi maut khas satria F dan CBR150 old.
- Akselerasi lebih bgus dri vixion, data akselerasi dari 0-60 dan 0-100 g ada 
- Top speed yakin bisa 160km/h, dari video u tub ada yg 165km/h, tapi jgn percaya, soalnya speedometer digitalnya juga dikasi marginal error kok, jadi blm tentu klo d ukur pake gps segitu.. *error 10% kata TMCblog.. ane baru nyentuh 152km/j
- Radiator udah mumpuni, selalu berada pada level 3 bar mau macet or g
- pedal Koplingnya enteng, lebih enteng dari old cibi150
- Mesin responsif khas injeksi, tapi tarikan baru kerasa pas jarum rpm nyentuh > 6000rpm, pas lewat dari 10rb rpm tenaganya kerasa hoax (ya maklum udah mau nyentuh redline sih) 
- ECU sistem Cloose Loop "Pinter" bagus klo g di oprek, klo di oprek ni ECU ngeselin, sama ngeselinnya kaya setting karbu PE28SUDCO or PWK


Handling dan Braking:
- Untuk handling saya rasa udah cukup mumpuni tanpa harus pake settingan macam rebound dan damper
- Suspensi monoshock belakang yg blm sistem prolink terasa empuk, cocok buat turing dan sehari2, tapi saya rasa klo dibawa track day juga masih ok, soalnya tergantung settingan tiap rider juga doyan karakter seperti apa.
- Minim gejala rear wheel slide
- Motor ini lebar, kurang cocok buat selap selip lalu lintas padat
- Weight distribution menurut ane terlalu ke depan, jadi wajar klo rem depan cepet abis kampasnya, dan jangan heran klo dipakai track day (balap), ketika salah perhitungan jalur masuk corner bakal kerasa understeer
- Rem depan sudah mumpuni, tapi klo kampas kopling pake punya tiger kerasa bedanya jauh.
- Rem depan cepet abis (tergantung yang pake) ada user yang pake di kilo 2000an uda mau habis, ane pake di kilo 4500an baru habis dan temen ane pake di kilo 8000* baru abis *orangnya kalem sih*

Konsumsi BBM
rata2 user banyak dapet di angka 1:40 dengan BBM oktan 92
ane pernah dapet 1:60 pake shell super extra, kondisi buat turing malem2 jam1 SBY-Malang Tanpa Macet, jalanan pull sepinya, gas konstant terus2an mpe gila di Rpm 7000, g pernah lebih dari itu, speed maximal 100km/jam *dan sekarang g pernah dapet segitu lagi 
**skrg konsumsi BBM lagi ane ulangin pake shellsuperextra nih buat keadaan dipake sehari2 jadi tunggu field reportnya minggu dpan**
[Update] dapet 1liter:41,7km

Saran penyajian:
- selalu cek level ketinggian radiator coolant dan ketegangan rantai tiap 500km sekali
- banyak user mengeluh tentang spion yang terlalu lebar, bisa ganti pake minerva vx150 or ninin250...
- klo mau beli testdrive dulu biar cocok
- banyak juga yg bilang rantainya berisik, makanya dilumasi dan juga jaga kerenggangan rantai
- ada yg overheat sampe 5bar temperaturnya saat macet, penyebabnya bisa dari level air radiator yg kurang, cara pengoprasian, dan oli mesin, saran sih klo pake SPX ganti tiap 2000an km.
- Klo ganti snalpot, coba di dyno dulu, liat naik g tenaga n torsinya, soalnya ada yg pake snalpot aftermarket tapi power drop, AFR kacau... saran sih pake piggy or Stand Alone ECU biar sekalian di set AFRnya
- ada juga yg pake snalpot DBS special order, AFRnya cuma berubah dikit di angka 1:13,5, power naik, torsi naik..
- Jangan isi premium, menyumbat injektor
- Habis lewat 500km pertama, bunyi ngiiiiiiing di tangki gitu pas nyala dan baru mati klo mesin mati, itu wajar, ane g tau penyebabnya apa, mungkin kinerja pompa injektor yg uda menyesuaikan umur optimal pakainya CMIIW
- Fitur AHO bisa di kasih switch kok, jadi klo misal mau masuk mall pas ngantri tiket parkir, lampu utama bisa dimatiin... klo mau bikin cuma bekal duit 15rb aja uda bisa (beli switch yang bagus saran ane biar g konslet) tapi ini bikin garansi kelistrikan ilang...

NewCBR150 = ada Versi AHM dan Versi Importir Umum Thailand

Persamaan:
- Build quality
- Tenaga dan Torsi yg dihasilkan
- status CBU (blm ada versi CKD)

Perbedaan:
- Versi AHM ada dudukan plat nomer depan, yg IU g ada
- Versi AHM setting ECU mapnya memungkin kan untuk diminumi premium KALO KEPEPET, sedangkan IU jangan dicoba
- Versi IU ada penangkap uap bahan bakar di tangkinya, sedangkan yg AHM g ada
- Warna livery yang berbeda, AHM cuma 4 option color, IU lebih bervariasi



Bedamya sma kakaknya 250R:1. Knalpot yang berbeda

2. Berat yang berbeda
3. Ukuran radiator yang berbeda
4. Cover Headlamp yang berbeda
5. Cover Lampu senja/kota yang berbeda
6. CBR250 ada engine cut offnya
7. CBR250 tanpa magnetic shutter key
8. Ukuran mesin dan spek yang berbeda (sama2 1 silinder tapi)
9. Desain Footpeg boncenger yang beda
10. Livery/color option yang beda
11. Pajak yang beda dan tentu harga beli yang beda
12. Torsi dan Tenaga yang beda
13. Tipe sasis yang beda
14. Ukuran ban dan pelek yang beda
15. 250 ada option CABS, yang 150 g ada
16. sumbu roda beda
17. Sistem suspensi belakang beda, yg 250 uda prolink, yg 150 normal monoshock
18. Tampilan panel speedometer yang beda + backlight beda yg 150 oranje yang 250 byru


PESAN:orang yg bijak adalah orang yg klo punya motor baru, ada buku manual / panduan, di baca dulu bukunya baru bertanya tentang perihal yg blm jelas, memang g semua user ngerti tentang mesin, tapi anda SALAH jika anda tidak perduli tentang cara PERAWATAN dan Pemakaian mesin, itu motor anda, yg merawat adalah anda, motor rusak krn salah pemakaian dan perawatan adalah salah anda.
Stop Pembodohan Otomotif


sumber

Komentar

Postingan Populer