Fungsi-Fungsi Transmisi P-R-N-D-S-L Pada Mobil Matic



sharing kali ini adalah fungsi dari P-R-N-D-S-L dari transmisi matik, bisa juga menjadi P-R-N-D-D3-2-1 atau cukup P-R-N-D saja.

contoh Transmisi matik pada Jazz lawas berkode chassis GD3 memang menggunakan CVT (Continously Variable Transmission). Secara singkat, sistem kerjanya sangat mirip dengan skutik CVT yang beredar di tanah air.

Keunggulan transmisi CVT ada pada kehalusannya, kita tidak pernah tau kapan si gigi naik atau turun saking halusnya, yang terasa hanya tahu tahu kecepatan semakin bertambah seiring naiknya jarum speedometer. Selain itu perubahan parameter tingkat giginya atau rasio giginya ada ratusan, karena si puli bisa membesar atau mengecil tergantung bacaan ECU. Dengan demikian kehalusan serta kenyamanan berkendara adalah tujuannya.

Kelemahannya juga ada, yaitu buat driver enthusiast, karakter CVT dirasa gak sporty,  sakingsmooth- nya, selain itu gejala engine brake juga minim. Membosankan kata segelintir orang.

Posisi P
Artinya Parking, digunakan saat mobil berhenti total/diam/ parkir.


Posisi R
Artinya Reverse, digunakan saat akan mundur.


Posisi N/ Neutral
Artinya Netral, dipakai saat berhenti sejenak seperti saat menunggu lampu merah.


Posisi D
Artinya Drive atau Mengemudi atau bisa juga (Ber) Jalan. Paling sering dipakai, posisi ini adalah sapu jagat, nanjak, menurun, kencang, pelan, santai, bisa digunakan di posisi ini. Pada AT konvensional, posisi D ini artinya seluruh gigi akan terpakai, tergantung dari kecepatan dan berapa gigi percepatan yang dimiliki, jika 4AT maka gigi 4 adalah yang tertinggi, jika 5AT maka gigi 5 adalah yang tertinggi dst.


Posisi S
Artinya Sport, posisi ini paling pas digunakan untuk ngebut, dalam arti saat menuntut akselerasi dan deselerasi lebih, menyusul, maupun digunakan saat di jalanan yang penuh tanjakan seperti puncak. Fungsi ini mirip-mirip D3 pada transmisi AT konvensional, hanya bedanya D3 terbatas perpindahan giginya s.d gigi 3 saja yang tertinggi.


Posisi L
Artinya Low, pada posisi ini ECU transmisi akan mengatur pola gerakan puli di posisi terendah yang seakan akan bekerja pada gigi 1 atau 2 di transmisi konvensional (non CVT). Digunakan saat menemui tanjakan terjal maupun turunan tajam. Fungsinya agar torsi tetap terjaga di tanjakan dan deselerasi berfungsi maksimal saat di turunan. Pada transmisi matik konvensional biasanya dilambangkan dengan angka 2 atau 1.


Komentar

  1. Azeepp...info sangat berguna bro

    BalasHapus
  2. Mantap....jelas banget ...trims

    BalasHapus
  3. mantab banget penjelasannya...

    BalasHapus
  4. Cocok infox ...bang, tapi mobil second matic tambah anjlok hargax

    BalasHapus
  5. Bang, kalo pindah dari D ke S atau dari D ke L saat berjalan perlu injak pedal rem ga?atau cukup tekan tombol pelepas aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. padatidak perlu menginjak rem. Tinggal ke geser saja ke posisi "S".
      yg perlu menginjak rem dari posisi "P" ke "N" n "R".
      Tambahan, saat kita memindahkan posisi dari "D" ke "R" atau sebaliknya. Pastikan mobil sudah berhenti sempurna. Kalau tidak akan ada sedikit lompatan saat kita melakukan perpindan trsebut.
      Thx.

      Hapus
  6. Bagus buat nambah wawasan buat pemula yg baru nyoba bawa mobil matic heheh

    BalasHapus
  7. Akan bermanfaat bagi yang akan mengendarai mobil bertransmisi matic.

    BalasHapus
  8. terima kasih informasinya. semula saya ragu pada penggunaan perseneling S tapi sekarang udah jelas berfungsi "Sport" untuk menyusul, menanjak dan menurun lebih baik.

    BalasHapus
  9. Info bagus, sangat membantu.
    Tks ya info nya.

    BalasHapus
  10. Siiipp.. jd lebih ngerti degh...

    BalasHapus
  11. Mantabbbbbbb...
    Membantu sangat gan...
    Tq infohnya

    BalasHapus
  12. Sipp mantap infonya...
    klo mode S bisa selalu dipakai di jalan Tol atau gak yah? Gan...??

    BalasHapus
  13. Sipp mantap infonya...
    klo mode S bisa selalu dipakai di jalan Tol atau gak yah? Gan...??

    BalasHapus
  14. Sipp mantap infonya...
    klo mode S bisa selalu dipakai di jalan Tol atau gak yah? Gan...??

    BalasHapus
  15. Artikelnya mengagumkan, sangat bermanfaat untuk derek mobil

    BalasHapus
  16. Makasih penjelasan nya..

    BalasHapus
  17. Klu fungsi D2 dan D3 apa bos

    BalasHapus
  18. ini artikel yang aku cari2. simpel, tapi bikin ngerti

    BalasHapus
  19. Sangat bermanfaat informasinya. Tq.

    BalasHapus
  20. Thanks infonya, sangat membantu saya pertama pake matic

    BalasHapus
  21. Mantul infonya.. Jadi niatan pilih matic aja deh hehe

    BalasHapus
  22. Klo di jln tol spy kenceng larinya baik di gigi D apa S yah? Soalnya pake D kayaknya ga kenceng deh

    BalasHapus
  23. Beda prinsip antara transmisi D dengan S apa ya bang?

    BalasHapus
  24. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer