Fungsi-Fungsi Transmisi P-R-N-D-S-L Pada Mobil Matic
sharing kali ini adalah fungsi dari P-R-N-D-S-L dari transmisi matik, bisa juga menjadi P-R-N-D-D3-2-1 atau cukup P-R-N-D saja.
contoh Transmisi matik pada Jazz lawas berkode chassis GD3 memang menggunakan CVT (Continously Variable Transmission). Secara singkat, sistem kerjanya sangat mirip dengan skutik CVT yang beredar di tanah air.
Keunggulan transmisi CVT ada pada kehalusannya, kita tidak pernah tau kapan si gigi naik atau turun saking halusnya, yang terasa hanya tahu tahu kecepatan semakin bertambah seiring naiknya jarum speedometer. Selain itu perubahan parameter tingkat giginya atau rasio giginya ada ratusan, karena si puli bisa membesar atau mengecil tergantung bacaan ECU. Dengan demikian kehalusan serta kenyamanan berkendara adalah tujuannya.
Kelemahannya juga ada, yaitu buat driver enthusiast, karakter CVT dirasa gak sporty, sakingsmooth- nya, selain itu gejala engine brake juga minim. Membosankan kata segelintir orang.
Posisi P
Artinya Parking, digunakan saat mobil berhenti total/diam/ parkir.
Posisi R
Artinya Reverse, digunakan saat akan mundur.
Posisi N/ Neutral
Artinya Netral, dipakai saat berhenti sejenak seperti saat menunggu lampu merah.
Posisi D
Artinya Drive atau Mengemudi atau bisa juga (Ber) Jalan. Paling sering dipakai, posisi ini adalah sapu jagat, nanjak, menurun, kencang, pelan, santai, bisa digunakan di posisi ini. Pada AT konvensional, posisi D ini artinya seluruh gigi akan terpakai, tergantung dari kecepatan dan berapa gigi percepatan yang dimiliki, jika 4AT maka gigi 4 adalah yang tertinggi, jika 5AT maka gigi 5 adalah yang tertinggi dst.
Posisi S
Artinya Sport, posisi ini paling pas digunakan untuk ngebut, dalam arti saat menuntut akselerasi dan deselerasi lebih, menyusul, maupun digunakan saat di jalanan yang penuh tanjakan seperti puncak. Fungsi ini mirip-mirip D3 pada transmisi AT konvensional, hanya bedanya D3 terbatas perpindahan giginya s.d gigi 3 saja yang tertinggi.
Posisi L
Artinya Low, pada posisi ini ECU transmisi akan mengatur pola gerakan puli di posisi terendah yang seakan akan bekerja pada gigi 1 atau 2 di transmisi konvensional (non CVT). Digunakan saat menemui tanjakan terjal maupun turunan tajam. Fungsinya agar torsi tetap terjaga di tanjakan dan deselerasi berfungsi maksimal saat di turunan. Pada transmisi matik konvensional biasanya dilambangkan dengan angka 2 atau 1.
Terima kasih masukannya
BalasHapusNice share
BalasHapusAzeepp...info sangat berguna bro
BalasHapusMantap....jelas banget ...trims
BalasHapusmantab banget penjelasannya...
BalasHapusCocok infox ...bang, tapi mobil second matic tambah anjlok hargax
BalasHapusBang, kalo pindah dari D ke S atau dari D ke L saat berjalan perlu injak pedal rem ga?atau cukup tekan tombol pelepas aja?
BalasHapusPerlu
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapuspadatidak perlu menginjak rem. Tinggal ke geser saja ke posisi "S".
Hapusyg perlu menginjak rem dari posisi "P" ke "N" n "R".
Tambahan, saat kita memindahkan posisi dari "D" ke "R" atau sebaliknya. Pastikan mobil sudah berhenti sempurna. Kalau tidak akan ada sedikit lompatan saat kita melakukan perpindan trsebut.
Thx.
Bagus buat nambah wawasan buat pemula yg baru nyoba bawa mobil matic heheh
BalasHapusAkan bermanfaat bagi yang akan mengendarai mobil bertransmisi matic.
BalasHapusTop lah
BalasHapusTop lah
BalasHapusterima kasih informasinya. semula saya ragu pada penggunaan perseneling S tapi sekarang udah jelas berfungsi "Sport" untuk menyusul, menanjak dan menurun lebih baik.
BalasHapusInfo bagus, sangat membantu.
BalasHapusTks ya info nya.
Sip
BalasHapusSiiipp.. jd lebih ngerti degh...
BalasHapusNuhun
BalasHapusThanks infonya
BalasHapusMantabbbbbbb...
BalasHapusMembantu sangat gan...
Tq infohnya
Sipp mantap infonya...
BalasHapusklo mode S bisa selalu dipakai di jalan Tol atau gak yah? Gan...??
Bisa gan
HapusSipp mantap infonya...
BalasHapusklo mode S bisa selalu dipakai di jalan Tol atau gak yah? Gan...??
Sipp mantap infonya...
BalasHapusklo mode S bisa selalu dipakai di jalan Tol atau gak yah? Gan...??
Terima kasih.. Ntabb lah
BalasHapusArtikelnya mengagumkan, sangat bermanfaat untuk derek mobil
BalasHapusNice info bos ..
BalasHapusMakasih penjelasan nya..
BalasHapusKlu fungsi D2 dan D3 apa bos
BalasHapusini artikel yang aku cari2. simpel, tapi bikin ngerti
BalasHapusSangat bermanfaat informasinya. Tq.
BalasHapusThanks infonya, sangat membantu saya pertama pake matic
BalasHapusTerima kasih informasinya,..
BalasHapusMantul infonya.. Jadi niatan pilih matic aja deh hehe
BalasHapusMantaap sangat membantu
BalasHapusThanks membantu sekali bro
BalasHapusThank brow infonya
BalasHapusTerima kasih infox.
BalasHapusSip......
BalasHapus👌🆗
BalasHapusSmoga bsa
BalasHapusKlo di jln tol spy kenceng larinya baik di gigi D apa S yah? Soalnya pake D kayaknya ga kenceng deh
BalasHapusS om
HapusBeda prinsip antara transmisi D dengan S apa ya bang?
BalasHapusKeren bro
BalasHapusizin share ya admin :)
BalasHapusburuan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Line : agen365
WA : +855 87781483 :)
Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)